Kamis, 10 Juni 2010

KELAS X BAB 6 : MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI

A.Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (Operating sistem)

Komputer adalah suatu alat elektronik yang menerima input sebagai suatu perintah atau data yang selanjutnya akan melakukan pengolahan data.

Sistem operasi mempunyai fungsi :
1.Sebagai antarmuka antara pengguna dengan hardware.
2.Memungkinkan adanya pemakaian bersama hardware maupun data antar pengguna .
3.Pengaturan penjadwalan resource untuk pengguna, misalnya pemakaian CPU dan alat input atau output secara bergantian.
4.Menyediakan fasilitas sistem operasi, misalnya menyediakan fasilitas interrupt.
5.Menunjukan lokasi dimana pengguna dapat mengeksekusi program-programnya.
6.Mengefisienkan hardware computer.

B.Membedakan Operating System (OS) dan Basic Input and Output System (BIOS)

1.Operating System (OS)
Sisrem Operasi adalah suatu program yang bertindak sebagi perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) computer. Tujuannya yaitu untuk menyediakan suatu lingkungan di mana pengguna dapat menjalankan program secara efisiensi dan nyaman. Sistem operasi berfungsi mengelola seluruh sumberdaya yang terdapat pada suatu sistem computer.
Contoh : Microsoft Windows, Linux, MS-DOS,Unix, dan sebagainya.

Berdasarkan jenis antarmuka yang disediakan, sistem operasi dibedakan menjadi dua :
1)Text Based
Pada OS ini pengguna computer mengetikkan perintah menggunakan keyboard yang berupa suatu kumpulan teks. Contoh : MS-DOS, Unix dan sebagainya.
2)GUI (Graphical User Interface)
Pada OS ini pengguna computer dapat memasukan perintah dengan cara mengetikkan sekumpulan teks pada jendela prompt dan dengan mengklik menu dan ikon berupa gambar yang lebih mudah dipahami. Contoh : Microsoft Windows, Linux dan sebagainya.

Kita bisa melihat sistem operasi yang dipakai pada computer kita dengan cara :
1)Pilih tombol start pada taskbar.
2)Pilih Control Panel.
3)Selanjutnya, akan ditampilkan jendela control panel kemudian pilih system.
4)Selanjutnya akan ditampilkan jendela system properties yang menampilkan informasi sistem computer yang digunakan.
Jika Bios tidak bekerja dengan baik, hal ini akan mengakibatkan computer gagal mendeteksi hardware yang ada, sehingga hardware yang ada tidak dapat digunakan dengan baik.

C.Sistem Operasi dan Program Aplikasi yang terpasang

Sistem computer dibagi menjadi empat komponen yaitu perangkat keras (hardware), sistem operasi (software), program aplikasi, dan pengguna (users). Sistem Operasi selain berfungsi sebagai program yang mengelola sumber daya dari computer, juga berfungsi sebagai program pengontrol yang digunakan untuk mengendalikan program aplikasi. Sebagai contoh program aplikasi Microsoft Word sebagai pengolah kata yang membutuhkan printer sebagai hardware untuk mencetak dokumen, di mana hubungan antara program aplikasi Microsoft Word dengan printer diatur oleh Microsoft Windows. Sistem operasi menyimpan semua program intruksi yang dibutuhkan untuk mengakses sumber daya pada suatu computer.

D.Mendeskripsikan Sistem Operasi yang Terpasang

1.MS-DOS
Penggunanya harus mengetikan perintah tersebut pada MS-DOS prompt.
Perintag pada MS-DOS dibagi menjadi 2 :
1)Perintah internal merupakan perintah yang tersimpan pada memori dan merupakan bagian dari command.com
2)Perintah Eksternal merupakan perintah yang dipanggil apabila digunakan oleh pengguna computer.

2.Microsoft Windows
Sistem operasi ini menggunakan antarmuka GUI (graphical user interface) kelebihannya adalah terdapat fasilitas plug and play. Untuk bekerja dengan windows dapat dengan cara mengarahkan penunjuk mouse. Windows terdiri atas kumpulan system call (API).

3.Linux
Dikembangkan oleh Torvald. Merupakan sistem operasi open source dimana seluruh kode sumber dari linux disebarluaskan secara bebas dengan lisensi GPL (general public lisence). Saat ini banyak jenis linux yang beredar yaitu : Slackware, redHat, SUSE, Madrake, ubuntu, dll.

E.Mengelola Program Aplikasi

Suatu program yang berjalan di atas sistem operasi disebut aplikasi. Bug adalah suatu kesalahan prosedur pada program yang menyebabkan program aplikasi mengalami beberapa masalah pada saat dijalankan. Untuk mengatasi masalah ini biasanya pembuat program aplikasi akan memperbaiki kesalahan pada program yang membuat versi baru program aplikasi tersebut. Pada saat computer menerima proses yang masuk melebihi kemampuan computer maka computer akan mengalami hang dimana computer akan berhenti dan tidak dapat digunakan. Untuk mengatasinya dapat melalaui cara menghentikan beberapa proses yang tidak dapat diperlukan melalui task manager dengan langkah :

•Tekan ctrl+Alt+Del secara bersamaan pada keyboard
•Pilih tab Applications
•Jika status aplikasi tertulis stopped berarti bermasalah dan dapat ditutup dengan cara memilih program tersebut lalu klik end task

Untuk menghapus aplikasi terdapat 2 cara yaitu :
1.Dengan cara menggunakan fasilitas uninstall yang terdapat pada program aplikasi tersubut.
2.Cara kedua adalah melalui control panel, lalu pilih Add or Remove Programs

KELAS X BAB 5 : SIKAP, KESEHATAN, DAN KESELAMATAN KERJA DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN INFORMASI

A. Mengidentifikasi Aturan-aturan yang Berkaitan dengan Etika dan Moral terhadap Perangkat Lunak yang Digunakan

1. Hak Cipta Perangkat Lunak (Software) yang digunakan
Fungsi software :
-memberikan instruksi kepada hardware agar dapat berfungsi dengan baik
-sarana komunikasi antara hardware atau komputer dengan penggunanya

Pemerintah Indonesia mempunyai Undang-Undang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk memberikan perlindungan hukum dari pembajakan maupun tindakan melawan hukum lainnnya.
Cth : Pasal 12 ayat 1 Unang-undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002, Hak cipta menurut Pasal 2 ayat 1 Undang-undang Nomor 19 tahun 2002, Program komputer menurut Pasal 1 ayat 8 Undang-undang Nomor 19 tahun 2002.

Contoh program komputer yang dilindungi Undang-undang :
Aplikasi Microsoft Office, Adobe Acrobat, Macromedia Flash, dan Microsoft Windows.

2. Menghindari Illegal Copy
Kehadiran perangkat teknologi seperti DVD-RW, CD-RW, dan external storage membuat kegiatan illegal copy.
Sebagai warga negara yang baik, harus menghindari kegiatan illegal copy, karena kegiatan ini sangat bertentangan dengan Undang-undang Hak Cipta (UUHC)

3. Menghindari Kegiatan Modifikasi atau Mengubah Suatu Program
Harus menghindari kegiatan modifikasi program komputer milik orang lin tanpa izin, apalagi jika program komputer tersebut telah didaftarkan dan mempunyai hak cipta

4. Masa Berlaku Hak Cipta
Suatu program komputer dilindungi selama 50 thun sejak pertama kali diterbitkan , diatur dalam UUHC Nomor 19 tahun 2002 Pasal 30.

5. Ketentuan Pidana Pelanggaran Hak Cipta
Pelanggaran terhadap Hak Cipta diancam dengan Pasal 72 Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002.

6. Pembatasan Hak Cipta
Perbuatan yang tidak melanggar hak cipta adalah jika kita mencantumkan sumber dari karya yang kita gunakan atau modifikasi.
Hal ini diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) Nomor 19 tahun 2002


B. Mengidentifikasi Syarat-syarat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Mengguankan Perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi

1. Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar
Salah satu penyebab utama dampak negatif : posisi duduk

Posisi duduk yang kurang baik untuk kesehatan :



Posisi duduk yang baik untuk kesehatan :



2. Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang Benar
Yang perlu diperhatikan ketika menghidupkan dan mematikan komputer. Menyalakannya dengan benar, dan mematikannya jika telah selesai digunakan.
Jangan membiarkan komputer terlalu lama hidup / dalam kondisi idle, ini akan menyebabkan pemborosan listrik.


C. Menghargai Hasil Karya Orang Lain

Dalam bidang teknologi informasi, kita menghargai hasil karya dan kreasi orang lain dengan cara :
a.Menggunakan perangkat lunak yang asli
b.Menghindari duplikasi, membajak, atau menyalin tanpa seizin hak pencipta
c.Menghindari modifikasi perangkat lunak tanpa izin pemilik hak cipta
d.Tidak digunakan untuk kriminal
e.Tidak memperjualbelikan suatu produk atau karya orang lain tanpa izin

Penanggulangan hak cipta juga dapat dilakukan dengan cara :
a.mendaftarkan karya yang dibuat untuk emndapatkan sertifikat yang akan memperkuat hak cipta karya yang dibuat secara hukum.
b.Memantau kegiatan pemasaran, jika ingin memperjualbelikan karya yang dibuat. Akan membuat masyarakat tau siapa pemegang hak atas karya tersebut.
c.Jika menemukan tindakan pelanggaran hak cipta, kita harus melakukan tindakan nyata berupa teguran, peringatan, atau gugatan terhadap pelanggaran tersebut.

KELAS X BAB 4 : MENGENAL MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER

A. JARINGAN KOMPUTER

Konsep awal jaringan komputer : adanya kebutuhan untuk saling berbagi informasi dan sumber daya yang dimilki oleh setiap komputer.
Jaringan Komputer adalah suatu kumpulan computer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan atau dapat juga didefinisikan sebagai suatu interkoneksi dari beberapa system computer yang berada dalam lokasi yang berbeda.
Jaringan computer mengizinkan beberapa pengguna untuk mengakses data dan program secara bersamaan.Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel ( wireless ) sehingga dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama menggunakan hardware dan software yang terhubung dengan jaringan.Setiap computer, printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Manfaat yang diperoleh dengan membangun jaringan computer :
1. Berbagi sumber daya ( sharing resources )
Bertujuan : agar seluruh program, peralatan, atau peripheral lainnya yang dimanfaatkan oleh setiap orang yang menggunakan jaringan computer tanpa pengaruh oleh lokasi maupun pengguna lain.
2. Media Komunikasi
Jaringan computer memungkinkan terjadinya komunikasi antarpengguna, baik untuk teleconfence maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting.
3. Integrasi data
Data yang terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pengguna untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4. Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan peralatan dilakukan mudah dan menghemat biaya.Jaringan computer dalam merawat harddisk misalnya, untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus pengguna cukup memusatkan pada harddisk yang terdapat dalam computer pusat ( server ).
5. Keamanan Data
Sistem jaringan computer dapat memberikan perlindungan terdapat data.teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6. Sumber Daya lebih efisien dan informasi terbaru
Data atau informasi yang diakses selalu terbaru karena setiap terdapat perubahan yang terjadi dapat segera diketahui oleh setiap pengguna.
7. Reliabilitas tinggi
Semua file dapat disimpan atau di-copy ke dua,tiga atau lebih computer yang terhubung dengan jaringan, sehingga apabila salah satu mesin rusak maka salinan di mesin yang lain dapat tetap digunakan.



B.Mengindentifikasi Macam-macam Jaringan Komputer

Berdasarkan jarak dan area kerjanya, jaringan computer dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu :

Local Area Network ( LAN ), Metropolitan Arean Network ( MAN ), Wide Area Network ( WAN ).
1. Local Area Network ( LAN)
Merupakan sejumlah computer dengan seperangkat pendukungnay seperti printer yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang berukuran sampai beberapa kilometer misalnya didalam satu kantor, gedung, atau kampus.LAN bukan system yang terhubung dengan lingkungan luar ( seperti Internet ) menggunakan telepon atau jalur data lainnya.Berdasarkan struktur, terdpat dua tipe jaringan LAN, yaitu peer to peer dan client/server network.

A.Peer to Peer Network
Pada jaringa peer to peer, semua node mempunyai kedudukan yang sama dengan node lainnya dan mempunyai tipe software yang sama mendukung pertukaran sumber daya.Beberapa system operasi client seperti Windows 9x, Windows 2000 Professional, Windows Me, Windows XP, dan Macintosh mendukung jaringan peer to peer.

B.Client/Server Network
Pada jaringan client/server hanya satu computer yang bertugas sebagai server dan computer lain berperan sebagai client.Setiap computer dapat berbagi proses dan penyimpanan dengan server pusat.Contoh umum jaringan client/server adalah suatu database yang dapat diakses oleh beberapa computer yang berbeda jaringan.Database disimpan dalam server jaringan sesuai dengan program database yang digunakan.

Berdasarkan kecepatan transmisi datanya, LAN dapat digolongkan ke dalam tiga kelompok, yaitu :
- Low Speed PC Network
Kecepatannya kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer.Contoh : Omninet dari Corvus Systems ( network bus ), Apple Talk dari Apple Corporation.
- Medium Speed Network
Kecepatannya antara 1 sampai 20 Mbps dan biasanya untik mini computer.Contoh: Ethernet dari Xerox, ARCnet dari Datapoint Corporation.
- High Speed Network
Kecepatannya lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer.Contoh : Loosely Coupled Network dari Control Data Corporation dan Hyper Channel dari Network System Corporation.

Personal Area Network ( PAN ) merupakan bagian dari LAN, yaitu jaringan computer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat computer dengan orang yang menggunakannya.


2. Metropolitan Area Network ( MAN )
MAN pada dasarnya merupakn versi lain LAN, yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN.MAN merupakan jaringan dalam skala besar yang menghubungkan beberapa LAN.MAN biasanya menggunakan aturan kecepatan tinggi.Man dapat mencakup kota dan mampu menunjang dat dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan telepon kabel.

3. Wide Area Network ( WAN )
WAN merupakan dua atau lebih LAN yang terhubung satu sama lain,WAN mencakup daerah geografis yang luas,yaitu sebuah Negara bahkan benua.Contoh, suatu perusahaan mempunyai kantor pusat di suatu kota dan kantor pemasaran di kota lain.

C.Topologi Jaringan

Topologi Jaringan merupakan suatu gambaran cara mnenghubungkan computer satu dengan computer yang lainnya.Topologi Jaringan yang sering digunakan adalah topologi bus, star, ring, tree (hierarchy), dan mesh.

1. Topologi Bus
Menghubungkan computer satu dengan yang lainnnnya secara berantai ( daisy-shain ) dengan perantara suatu kabel yang umumnya berupa kabel tunggal jenis koaksial ( coaxcial ).Semua node dihubungkan secara seri menggunakan kabel.
Untuk menghubungkan computer ke jaringan digunakan konektor BNC.Kabel koaksial tersebut dihubungkan ke computer dengan konektor BNC tipe yang mempunyai cabang untuk dihubungkan ke kartu jaringan ( network adapter ) computer.Topologi bus digunakan untuk jaringan computer yang sangat sederhana dengak kecepatan 10 Mbsp.
Keuntungan:
- Hemat kabel dan harganya lebih murah
- Layout kabel sederhana
- Jika salah satu computer mati maka tidak akan mengganggu computer lain
- Mudah dikembangkan
Kerugian :
- Deteksi dan isolasi kesalahan yang sangat kecil
- Kepadatan lalu lintas data
- Apabila salah satu client rusak atau kabel putus maka jaringan tidak berfungsi
- Diperlukan repeater untuk jarak jauh

2. Topologi Bintang ( star )
Merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan.Pada jaringan ini semua computer dihubungkan dengan suatu perangkat yang disebut hub,beberapa hub disebut intelligent hubs dapat mengontrol lalu lintas pengiriman data dan membantu mencegah terjadinya collisions.Jika hub terganggu maka semua node yang dihubungkan ke hub tersebut tidak dapat saling bekomunikasi.

Hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dari suatu computer dan meneruskan ke semua computer yang terhubung dengan hub.
Keuntungan :
- Fleksibilitas tinggi
- Penambahan atau perubahan computer sangat mudah
- Kontrol terpusat
- Kemudahan deteksi dan isolasi
- Jumlah pengguna computer lebih banyak daripada topologi
Kerugian :
- Boros kabel
- Perlu penanganan khusu
- Jika konsentrator atau hub rusak maka seluruh jaringan yang berada dalam satu hub akan rusak.

3. Topologi Lingkaran ( Ring )
Topologi ini mirip dengan topologi bus, tetapi ujung-ujungnya saling berhubungan membentuk suatu lingkaran.Topologi ring menghubungkan node-node pada jaringan dengan membentuk lingkaran dengan cara setiap node dihubungkan dengan node berikutnya.
Keuntungan :
- Hemat kabel
- Dapat menghindari tabrakan file data yang dikirim
- Mudah untuk membangunnya
- Semua computer pada jaringan mempunyai status yang sama
Kerugiannya :
- Peka terhadap kesalahan
- Pengembangan jaringan yang lebih kaku
- Apabila kabel putus maka semua computer tidak dapat digunakan

4. Topologi Tree ( Hierarchy )
Meruapakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus.Topologi tree terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone.hub satu dengan hub dengan lainnya sebagai jalur tulang punggung ( backbone ) yang mempunyai topologi bus.
Keuntungan :
- Mendukung komunikasi point-of-point
- Mudah untuk dikembangkan
- Control manajemen lebih mudah
- Didukung oleh hardware dan software dari beberapa perusahaan

Kerugian :
- Panjang dari setiap bagian sangat tergantung pada jenis kabel yang digunakan
- Jika jalur backbone putus maka semua bagian akan rusak
- Dapat terjadi tabrakan file data ( collision )
- Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain

5. Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi mesh mempunyai jalu ganda dari setiap perangkat pada jaringan.Pada jaringan mesh yang murni setiap perangkat jaringan dihubungkan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk hub-hub utama sebagai jalur cadangan jika terjadi masalah di jalur utama.

D.Protokol-protokol LAN

Protokol adalah peraturan-peraturan yang dibuat agar perangkat jaringan antara computer satu dengan lainnya dapat saling berkomunikasi dengan baik.Protokol yang digunakan untuk jaringan LAN adalah Ethernet, Token Ring, FDDI ( Fiber Distributed Data Interface ) dan ATM ( Asynchronous Transfer Mode).

1. Ethernet
Merupakan teknologi layer fisik dan data link untuk Local Area Network ( LAN ).Protokol Ethernet merupakan protocol LAN yang paling banyak digunakan karena berkemampuan tinggi dengan biaya yang murah.

2. Token Ring
Diciptkan oleh perusahaan IBM menggunakan topologi berupa suatu lingkaran atau ring,yaitu computer-komputer diletakkan disekeliling lingkaran tersebut.kecepatan 4 Mbps dan 16 Mbps yang masih lambat.Komputer-komputer dihubungkan dengan jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk token ring disebut Multistation Access Unit ( MAU)

3. Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )
Diciptakan oleh American National Standards Institute ( ANSI ) adalah protocol yang menggunakan lingkaran fiber optic ganda yang terdiri atas lingkaran primer dan sekunder.digunakan untuk pengiriman data.Lingkaran primer sebagai jaringan utam,Sekunder digunakan saat lingkaran primer rusak.

Jaringan FDDI kecepatannya 100 Mbps melalui media serat optic.Media serat optic digunakan FDDI adalah kabel multi-mode fiber optic tipe 62.5/125 pm.Lingkaran jaringan FDDI mencapai panjang 200 km dengan jumlah maksimal 500 komputer.Jarak maksimum antarkomputer 2 km.FDDI sarana penggunaan kabel tembaga ( cooper ) disebut Cooper Distributed Data Interface ( CDDI).
Keuntungan :
- Bandwitch yang sangat besar
- Tidak terganggu oleh sinyal listrik
- Mempunyai kemampuan untuk pemakaian jarak jauh

4. ATM
Asynchronous Transfer Mode ( ATM ) merupakan protocol yang diatur oleh suatu badan international ITUT ( International Telecommunications Union for Telecommunication Standardization Sector ) yang menggunakan ukuran frame dengan panjang tetap sebesar 53 byte yang disebut sel.
ATM menggunakan referensi modelnya sendiri.ATM sangat cepat dan dapat mempunyai bandwitch yang sangat besar menggunakan jalur transmisi cepat seperti SONET, DS-1,OC-3,OC-12,T3,FDDI 100Mbps dan fiber channel 155 Mbps.ATM dapat mengirimkan informasi berupa gambar,suara,maupun data.ATM menggunakan suatu metode yang disebut Quality of Service ( QOS ).

5. Model-model Referensi
a. Model Referensi OSI
OSI ( Open System Interconnection ) merupakan salah satu standar dalam protocol jaringan yang dikembangkan oleh ISO ( International Standarddization Organization ).
Tujuan :
- Menjadi patokan untuk perkembangkan prosedur komunikasi pada masa yang akan dating
- Mengatasi hubungan yang muncul antarpengguna
- Membagi permasalahan prosedur
- Memenuhi kebutuhan pengguna

Lapisan model referensi OSI:
- Physical layer : untuk menentukan karakteristik dari kabel
- Data link layer : menentukan protokol untuk pertukaran frame data yang melewati kabel
- Network layer : yang bertanggungjawab untuk menentukan rute paket ke tujuan yang seharusnya
- Transport layer : untuk menerima data dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
- Session layer : untuk menetapkan session dengan pengguna lainnya
- Presentation layer : untuk melakukan terjemahan struktur data diantar berbagai arsitektur
- Application layer : untuk menyediakan akses tingkat aplikasi ke jaringan.

b. Model Referensi TCP/IP
Digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pemerintah.TCP merupakn kumpulan dari protokol-protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data di dalam jaringan internet atau jarinagn yang luas.
Tujuan : agar data atau informasi yang dikirimkan dapat sampai ke komputer tujuaan dengan tepat.
Keempat layer TCP :
- Network Interface layer : untuk menerima data dari dan ke media fisik.
- Internet layer : tugas mengirimkan data kealamat yang tepat pada tujuan.
- Transport layer : untuk mengadakan kontak dan mengatur aliran data antara dua host atau komputer.
- Application layer : tempat untuk semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP
Perbedaan model OSI dan TCP/IP :
- TCP mengkombinasikan presentation layer dan session layer pada lapisan aplikasi.
- TCP menggabungkan data link dan physical layer menjadi satu lapisan.

E.Mengindentifikasi Perbedaan LAN dan WAN

Dalam jaringan computer,terdpat dua atau lebih computer yang dihubungkan melalui suatu media dan perangkat komunikasi data yang bertujuan untuk berkomunikasi dan berbagi sumber daya seperti pertukaran data dan printer.

1. Local Area Network ( LAN )
Merupakan sejumlah computer dengan perangkat pendukungnya yang terhubung dan saling berkomunikasi dalam area tertentu yang tidak terlalu luas, seperti dalam satu kantor atau gedung.

2. Wide Area Network ( WAN )
Merupakan gabungan dari LAN yang ruang lingkupnya dapat berupa satu lokasi, misalnya gedung bertingkat atau juga dapat tersebar di beberapa lokasi diseluruh dunia.

3. Perbedaan Gateway, Router, Hub, Switch, dan Bridge

a.Gateway
adalah sebuah computer khusu yang dapat melakukan perubahan ( translation ) sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi antardua atau lebih system yang berbeda pada jaringan computer.
b.Router
Merupakan alat yang dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan computer yang berbeda juga pengarah paket menuju jaringan yang diinginkan.Fungsinya : penyeleksian data yang ditransfer pada tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara bridge.
Router merupakan sebauh peralatan jaringan yang mempunyai dua fungsi utama :
- Menentukan rute terbaik untuk menuju ke tujuan
- Memindahkan data dari sumber ke tujuan
Router dapat berupa hardware maupun software :
- Router hardware, contoh Cisco,juniper, 3COM
- PC based router
Router dibagi menjadi dua :
- Static routing
Berarti routing table diubah secarmanual sehingga jika terjadi perubahan routing table harus dilakukan secara manual oleh administratornya.
- Dynamic routing
Merupakan routing yang dapat berubah secara cepat melalui proses update berkala dan sebagai respon terhadap perubahan link cost.

c.Bridge
Merupakan sebuah alat pada jaringan computer yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
Bridge akan menyeleksi data dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan dan meminimalkan peluang-peluang tabrakan dan dapat membagi traffic menjadi bagian-bagian tertentu dan melakukan filtering traffic berdasarkan MAC address

d.Hub
Merupakan sebuah alat yang bekerja di physical player pada OSI.Hub berfungsi sebagai konsentrator untuk menghubungkan komputer-komputer dalan konfigurasi star.
Keuntungan hub adalah fleksibilitas yang dimiliki,sehingga setiap client dapat ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi.
Tiga tipe hub dipasaran :
- Passive hubs
Hub-hub pasif tidak memperkuat sinyak elektrik dari paket-paket data yang masuk
- Active hubs
Hub-hub aktif yang memperkuat sinyal paket
- Intelligent hubs
Hub yang mempunyai fitur ekstra dari active hubs

e.Switch
Merupakn bridge yang mempunyai banyak port dan mempunyai domain collision tersendiri pada setiap portnya.
Kelebihannya :
- Mampu menginspeksi paket-paket
- Mampu menentukan sumber dan tujuan
- Mampu mem-forward paket-paket dengan tepat

F.Prinsip Komunikasi Data
Tujuan : untuk pertukaran data antar dua entitas.
Elemen kunci dari komunikasi :
- Source ( sumber ) : perangkat yang membangkitkan data untuk transmisi.contoh telepon dan komputer.
- Transmitter ( pemancar ) : untuk mengubah dan mengkodekan data dan informasi yang ditransmisi sesuai dengan karakteristik sistem transmisi.contoh sinyal digital dari komputer
- Transmission system : media transmisi yang dapat berupa line transmisi tunggal maupun jaringan yang kompleks yang menhubungkan sumber dan tujuan.
- Receiver : menerima sinyal dari sistem transmisi dan mengubahnya kebentuk yang dapat ditangani oleh perangkat tujuan.contoh modem mengubah sinyal analog datang dari jaringan
- Destination : mengambil data yang datang dari receiver

Direct link digunakan untuk mengacu pada lintasan transmisi antardua perangkat dimana sinyal merambat dari transmitteer ke receiver tanpa perangkat.

G.Beberapa Macam Media Komunikasi
- Telepon / fax
Keuntungan komunikais telepon memungkinkan untuk melakukan diskusi jarak jauh.Dengan teknologi fax, dokumen tertulis dapat dikodekan dengan suara yang dapat disalurkan melalui telepon.
- Media Massa
Publikasi kegiatan organisasi atau produk barang dan jasa perusahaan umumnya dilakukan dengan bantuan media massa,baik media cetak seperti koran dan majalah, maupun suara atau gambar melalui radio dan televisi.
- Internet
Internet merupakan jaringan komputer untuk kepentingan pengiriman pesan atau surat.

H. Komunikasi Menggunakan Media Kabel dan Nirkabel

Dapat membangun jaringan komputer dengan menggunakan dua kategori media transmisi yaitu : Terarah (guided / wireline) dgn menggunakan kabel, dan tidak terarah (unguided / wireless)
1. Media Transmisi Menggunakan Media Kabel
Contoh :
a. Twisted Pair
Kabel berpasangan, dimana kabel tersebut dililitkan dengan pasangannya.
Ada pada kabel jaringan telepon.
Lebih cepat dibandingkan dengan kabel jenis koaksial.
1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
Mempunyai diameter eksternal 0.43 cm, maka menjadi mudah pada saat instalasi.



Karateristik kabel UTP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

Keunggulan kabel UTP :
-mudah dipasang
-ukuran yang kecil
-harganya lebih murah
-rentan terhadap efek interferensi elektrik yang berasal dari media lainnya

2. Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP mengkombinasikan teknik-teknik perlindungan dan antisipasi tekukan kabel.
STP memberikan jaminan proteksi jaringan dari interferensi-interferensi eksternal.
STP tidak dapat digunakan dengan jarak lebih jauh seperti media-media lain tanpa bantuan perangkat penguat.

Karateristik Kabel STP :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node lebih mahal dibandingkan dengan UTP dan coax
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjng kabel maksimal yang diizinkan yaitu 100 meter (pendek)

b. Coaxial Cable ( Kabel Koaksial)
Dapat dijalankan tanpa banyak membutuhkan bantuan repeater sebagai penguat untuk komunikasi jarak jauh diantara node network, meski dapat diikutsertakan untuk meregenerasi sinyal-sinyal.
Digunakan untuk jaringan skala kecil, antara 5-10 komputer.
Terdapat pada kabel antena.
Untuk distribusi televisi, transmisi telepon jarak jauh, link pada sistem komputer, dan jaringan lokal.



Karateristik kabel koaksial :
-Kecepatan dan keluaran 10-100 Mbps
-Biaya rata-rata per node murah
-Media dan ukuran konektor medium
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 500 meter (medium)

c. Fiber Optic ( Serat Kaca )
Digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional dan untuk antarlantai atau antar gedung
Keuntungan-keuntungan memakai fiber optic :
-Beroprasi pada kecepatan tinggi
-Mampu membawa paket-paket berkapasitas besar
-Sinyal-sinyal dapat ditransmisikan lebih jauh tanpa memerlukan perlakuan “refresh” atau dipekuat
-Daya tahan kuat terhadap impas elektromagnetik
-Membutuhkan biaya perawatan relatif lebih murah

Tipe-tipe Kabel fiber optic :
-Single mode
-Multimode
-Plastic optical fiber

Karateristik fiber optic :
-Kecepatan dan keluaran 100+ Mbps
-Biaya rata-rata per node cukup mahal
-Media dan ukuran konektor kecil
-Panjang kabel maksimal yang diizinkan yaitu 2 kn (panjang)



2. Media Transmisi Menggunakan Media Nirkabel
Terdapat 2 tipe konfigurasi untuk transmisi wireless : directional & omnidirectional

3 range frekuensi umum dalam transmisi wireless :
a. Frekuensi microwave dengan range 2-40 Gh, untuk transmisi point-to-point. Juga digunakan untuk transmisi satelit
b. Frekuensi dalam range 30 Mhz-1 Ghz, untuk aplikasi omnidirectional. Untuk range broadcast radio.
c. Range frekuensi antara 300-200-000 Ghz, untuk aplikasi lokal yaitu spektrum infra merah. Untuk aplikasi point-to-point & multipoint dalam area terbatas.

a.Terrestrial microwave
b.Satellite Microwave
c.Broadcast Radio
d.Infrared
e.Bluetooth

I. Menggambarkan Antarmuka Komputer dengan Saluran Komunikasi
Langkah-langkah menghubungkan koneksi internet melalui saluran telepon rumah, misalnya dengan menggunakan Telkomnet Instan :
1.Klik Start pada taskbar-Control Panel
2.Pilih Network and Internet Connnections
3.Klik Network Connections
4.Klik Create a new connection pada Network Tasks di jendela sebelah kiri
5.Tekan tombol Next, pada jendela New Connections Wizard
6.Pilih Connect to the Internet-Next
7.Pilih Set up my connection manually-Next
8.Pilih Connect using a dial-up modem-Next
9.Masukan nama ISP dibawah kolom ISP Name. Contoh : “Telkomnet Instan”
10.Masukan nomor telepon untuk dial ke ISP tersebut. Contoh : “080989999”
11.Masukan username, dan password. Contoh : Username :”telkomnet@instan” dan Password juga Confirm Password :”telkom”
12.Siap dihubungkan dengan internet, Tekan tombol Finish
13.Untuk melakukan koneksi Internet, dapat langsung mengklik ikon koneksi yang sudah terbentuk atau melalui menu Connect To melalui tombol start pada taskbar
14.Jika koneksi terjadi akan muncul kotak “Connecting Telkomnet Instan...”
15.Jika sudah terkoneksi dapat dilihat keepatan koneksi Telkomnet Instan malalui kotak “Telkomnet Instan Status”

J. Komunikasi Data Antarkomputer dalam LAN

LAN digunakan dua macam konfigurasi jaringan, yaitu Peer to Peer dan Client/server.Peer to Peer digunaka untuk koneksi dengan jumlah komputer yang tidak terlalu banyak.Peer to Peer digunakan untuk menghubungkan dua komputer untuk pertukaran data.Kabel yang digunakan adalah Kabel cross-over.
Jaringan cliebt digunakan untuk jaringan yang besar yang mempunyai banyak koneksi antar komputernya.server bertindak sebagai penyimpanan data dan aplikasi yang digunakan dan dishare oleh komputer lain.

KELAS X BAB 3 : MENGIDENTIFIKASIKAN PERANGKAT KERAS YANG DIGUNAKAN BESERTA FUNGSINYA

Perangkat Keras dan Fungsinya

Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :

1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)

komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Gambar keyboard
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.

2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.

4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

b. Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.

Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser.

Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.


Gambar 2.12 Mouse Wireless


c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


Touch Pad Track Ball Pointing Stick

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


Gambar Light Pen

e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.


Gambar Joy Stick dan Paddle Games

f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnyadengan barcode.



Gambar Barcode Gambar Barcode Reader

g. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.


Gambar Scanner

Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.


h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.

Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.


Gambar headphone

j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.


Gambar Graphic Pads


Peralatan Output
MONITOR

Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output.yang umum digunakan antara lain:

MONITOR

Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
Monitor dikelompokan berdasarkan teknologinya yaitu:
1. Monitor CRT (Cathode Ray Tuble)
2. Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD
3. Monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Berdasarkan tampilan komputer terbagi atas 3 jenis yaitu:
1. Monocrom (Satu warna dengan latar belakang hitam)
2. Grayscale (Bayangan abu-abu latar belakang putih)
3. Color ( Warna secara penuh mulai dari 15 – 16 juta warna yang berbeda)
Beberapa merek monitor antara lain: Sony, LG dll..

PRINTER

Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
Beberapa Jenis Printer antara lain adalah:
1. Printer Dot Matrik yaitu: Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik-titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.
2. Printer Ink jet yaitu : Mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
3. Printer Laser yaitu: Menggunkan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
Beberapa merek printer antara lain: Epson, HP, Canon, dll.

PLOTER

Ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak atau mengambar, membuat grafik dan skematik dan dapat membuat diagram lainya. Ada dua jenis plotter Drum dan Table


PERALATAN PROSES

1. Mainboard (MB)
Mainboard adalah sebuah papan circuit utama tempat terpasangnya beberapa komponen seperti VGA card, Lan Cards memory, TV Tuner, Video card, dan lainnya. ada juga mainboard yg beberapa komponen diatasnya sudah dibuat onboard (tertanam), jadi ga bisa dicabut. Pemilihan paket MB yang baik adalah dari produsen yang menyertakan spesifikasinya, sehingga akan mudah jika ingin meningkatkan kinerjanya. Perhatikan dalam spesifikasi MB tersebut utamanya pada kemampuan Processor Support, Memory support, Expansion Slots, Power Supply & Management, Graphics System, On-board I/O port, Hardware monitoring dan komponen lain yang tersedia pada MB tersebut.
Untuk komputer perorangan lebih mengutamakan hardware yang dapat mensuport video graphics dan RAM yang tinggi, disamping multimedia yang lebih menonjol ketimbang untuk kebutuhan kantor. Untuk itu MB yang harus dipilih pada komputer perorangan adalah yang memiliki slot VGA AGP yang bagus (8 atau 16x), dan memiliki chache memory board tinggi.

2. Processor
Processor atau juga disebut dengan Central Processing Unit (CPU), dilambangkan dengan µP atau uP adalah sebuah hardware yang melaksanakan perintah (Instruksi) serta mengolah data dari Software. CPU diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket chip atau IC (Integrated Circuit) tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor chip tunggal ini telah umum dalam implementasi CPU. CPU terbentuk dari kumpulan jutaan transistor yang terletak dalam sebuah paket chip atau IC (integrated Circuit) semikonduktor. Bentuknya kecil, IC ini terbuat dari lempengan silikon.
CPU berfungsi melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari RAM (Random Access Memory) atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa Hardware, seperti Keyboard, Scanner (Pemindai), Control Panel dan Mouse. CPU dikendalikan oleh sekumpulan instruksi dari software komputer. Instruksi dari software tersebut dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, yaitu hard drive, floppy drive, dan CD/DVD ROM/RW Drive. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.
Saat sebuah program dijalankan (diekseskusi), data mengalir dari RAM ke sebuah unit yang disebut dengan bus (baca : saluran bus pada segmen Motherboard), yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Data kemudian diterjemahkan kedalam kode-kode dengan menggunakan unit proses yang disebut sebagai pendekoder instruksi. Data kemudian berjalan ke Aritmatic Logic Unit (ALU) yang melakukan perhitungan dan perbandingan. Data bisa jadi disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori yang disebut dengan registry, supaya dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU dapat melakukan operasi-operasi tertentu, meliputi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pengujian kondisi terhadap data dalam registry, hingga mengirimkan hasil pemrosesannya kembali ke RAM, media penyimpan, atau registry, bila akan mengolah hasil pemrosesan selanjutnya. Selama proses ini terjadi, sebuah unit dalam CPU yang disebut dengan penghitung program akan memantau instruksi yang sukses dijalankan supaya instruksi tersebut dapat dieksekusi dengan urutan yang benar dan sesuai.


MEMORY

Memory merupakan tempat meyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan akan semakin besar data atau instruksi yang dapat ditampung untuk diolah.
Beberapa Jenis Memory antara lain adalah:
ROM, RAM, EDORAM, SDRAM, DDRAM, RDRAM, dll
Memory yang umum dipakai berkapasitas mulai dari : 16 MB 32 MB, 54 MB, 256 MB 512 MB, 1 GB, dst
Merek-merk memory yang ada di pasaran: V Gen, Visipro, Kingston dll.

KOMPONEN PENYIMPANAN

Disk drive/Floppy disk
Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.


Hard Drive/Hard Disk
Hard drive adalah media untuk menyimpan data dan sebagai sistem untuk menjalankan semua program yang ada pada computer. Jenisnya sangat banyak dari bermacam-macam perusahaan hard drive. Hard disk memiliki keterbatasan waktu pakai, tetapi lamanya tergantung dari frekuensi pemakaian dalam komputer tersebut. Jika dinyalakan nonstop 24 jam, maka usia hardisk tersebut tidak lebih dari 2 tahun atau ekuivalen dengan 6000-7000 jam saja.
Proses pembuatan hard disk sendiri terdiri atas lapisan magnetic yang disemprotkan pada bagian permukaan plat secara halus dengan teknologi tinggi (Susan B. Sasser dkk, 1996). Seperti halnya floppy disk maupun cdroom, maka proses pembuatan hard disk adalah sama. Jika head floppy disk bentuknya besar, maka pada hard disk lebih kecil. Disamping itu setiap piringan pada hardisk harus berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga wajar kalau dalam kurun waktu tertentu arus diganti dengan yang baru.
Pada hard disk yang berkecepatan rendah (5400 rpm) biasanya harganya lebih murah dibanding dengan yang berkecepatan tinggi yaitu 7200 rpm, meski dengan jumlah kapasitas yang sama. Untuk hard disk yang berkecepatan tinggi lebih sering dijumpai pada pengguna server untuk jaringan (Network). Sedang untuk yang berkecepatan rendah biasanya digunakan pada komputer pribadi dirumah-rumah atau dikantor yang tidak menggunakan jaringan.
Keuntungan menggunakan yang berkecepatan tinggi adalah untuk akses program maupun menyimpan data lebih cepat, tetapi dalam tanda kutip bahwa beda antara keduanya tidak terlalu mencolok, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas bedanya.

CD ROM/DVD ROM Read or Write
CD-ROM (Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data.
Pertimbangan pemilihan CD DRIVE :
Sebesar apakah data yang akan kita transfer/baca setiap saat
Spesifikasi komputer yang ada
Frekuensi pemakaian antara pembacaan data dengan penggunaan multimedia lebih banyak mana
Kondisi dana yang tersedia
Merk dan jenis CD DRIVE yang akan dibeli.

KELAS X BAB 2 : MENGIDENTIFIKASIKAN ELEMEN SIKLUS PEMROSESAN INFORMASI

Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa latin yatu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory.

Menurut Robert H. Bilssmer 1985, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Menurut Donald H. Saders 1985, komputer merupakan suatu system elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi-intruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

Menurut VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi
Menurut William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut Gordon B. Davis, komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa difinisi tersebut diatas, bahwa komputer adalah :
• Alat elektronik
• Dapat menerima input data
• Dapat mengolah data
• Memberkan informasi
• Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program)
• Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
• Bekerja secara otomatis

Sedangkan yang disebut program adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Secara umum system komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari system tersebut. Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.

Klasifikasi Komputer

Terdapat benyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi, dan tujuan penggunaannya. Komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakan di sekolah-sekolah, kantor, rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal seukuran kopertipis.

Supercomputer digunakan untuk perhitungan numeric skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprice, server dan supercomputer, unit fungsionalnya yang banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.
Komputer oleh beberapa professional diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, ada yang menggolongkan yang berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukuran dan berdasarkan generasi serta berdasarkan yang lain.

a. Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah
Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu ;
1. Komputer Analog, yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya
2. Komputer Digital, digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC dll.Keunggulan dari computer ini adalah memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog dan dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
3. Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, misalnya faxcimile dll

b. Komputer Berdasarkan Penggunaanya

Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi ;
1. Special-Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri
2. General-Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dll
General-Purpose Komputer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer

c. Komputer Berdasarkan Ukurannya
Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas ;
1. Tower (Menara),
2. Desktop (Meja)
3. Portable
4. Notebook
5. Subnotebook
6. Palmtop

d. Komputer Berdasarkan Processor
Komputer ini digolongkan menjadi:
1. Mainframe adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai,
2. Minikomputer adalah bentuk mini dari komputer mainframe, kalau mainframe memiliki ribuan terminal komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin ratusan terminal.
3. Personal Computer adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program apilkasi saat tertentu.
Komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan data yang diolah, kemampuan komputer, kapasitas dan ukurannya, dan bidang masalahnya.

2.1. Berdasarkan data yang diolah, komputer diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu :

1. Komputer analog
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi masih merupakan suatu keadaan. Seperti misalnya: keadaan suhu ataupun kelembaban udara, ketinggian ataupun kecepatan adalah merupakan suatu keadaan yang oleh komputer kemudian ditetapkan sehingga menjadi suatu ukuran.
Analog banyak dipakai dipabrik-pabrik yang tujuannnya untuk mengontrol ataupun menghasilkan suatu produk. Pengertian komputer analog lebih mendekati dengan robotic ataupun mesin otomatis.

2. Komputer digital
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.

3. Komputer hibrid
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif. Hibrid komputer juga bisa dikatakan sebagai gabungan dari analog dan digital komputer. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan pelbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

2.2. Berdasarkan kemampuannya, komputer diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu :
1. Small scale computer
Komputer jenis ini mempunyai kapasitas antara 64 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.

2. Medium scale computer
Komputer jenis ini mempunyai kapasitas antara 512 Kb sampai 8 Mb dan dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.

3. Large scale computer
Komputer jenis ini mempunyai kapasitas antara 512 Kb sampai 8 Mb, namun komputer ini mempunyai kecepatan yang lebih tinggi.

2.3. Berdasarkan kapasitas dan ukurannya, komputer diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu :
1. Microcomputer (Personal Computer/ PC)
Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut, kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.
Dengan keunggulan harganya relatif murah, bentuknya kecil dan teknologi yang dimiliki diangap sudah memadai, maka personal komputer menjadi begitu cepat populer. Personal komputer kini tidak hanya digunakan oleh perorangan tetapi pada akhirnya banyak digunakan oleh perusahaan untuk menyelesaikan pelbagai masalah yang ada diperusahaan.

a. Notebook/ Laptop
Merupakan jenis PC yang dapat dijinjing dan bisa digunakan di mana pun karena dilengkapi dengan portable battery-power, sehingga tanpa adanya listrik-pun note-book masih bisa dioperasikan
b. PDA/ Pocket Computer
Merupakan jenis PC yang seukuran saku yang dapat dibawa ke mana pun.

2. Midrange computer atau komputer mini
Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil.
Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400

3. Mainframe computer atau komputer mini
Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer.
Mainframe secara umum membutuhkan ruangan khusus dimana faktor lingkungan yang terdiri dari temperatur, kelembaban udara ataupun gangguan asap dapatlah dimonitor. Hal ini disebabkan karena nilai komputer serta nilai dari informasi yang tersimpan didalamnya sangatlah mahal. Ruangan yang ada biasanya juga dilengkapi dengan pelbagai sistem pengamanan elektronik.

4. Super Computer
Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar, seperti misalnya industri pesawat terbang Nurtanio.
Dikarenakan kemampuannya yang sangat luar biasa dan diantaranya memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit, maka untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden. Permintaan Indonesia pernah ditolak oleh presiden Amerika ketika Nurtantio menginginkan untuk membeli sebuah super komputer dari Amerika.

2.4. Berdasarkan bidang masalahnya, komputer diklasifikasikan menjadi dua, yaitu :
1. Special purpose computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimaksudkan dalam komputer ini. Sebagai contoh, komputer yang digunakan pada kilang minyak.

2. General purpose computer
Komputer jenis ini dapat menyelesaikan berbagai macam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini, yaitu komputer digital dan analog, tetapi yang umum digunakan yaitu komputer digital. Sebagai contoh, komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnis.
Data dan informasi
Dalam kehidupan banyak sekali hal-hal yang terjadi, keunikan kejadian dari kehidupan setiap orang berbeda-beda sehingga cara pandang setiap orang terhadap kejadian tersebut pun berbeda-beda (sesuai dengan apa yang menjadi prinsip dan standar atau tolak ukurnya).
Di dalam dunia IT (Information Technology) pun sama, kesimpulan terhadap sesuatu yang dianalisa mungkin berbeda tetapi hal itu semua dapat diminimalisir dan dihilangkan selama apa yang menjadi pedomannya pun sama.
Dalam dunia IT dan kebutuhan yang disesuaikan, ternyata banyak sekali kejadian yang jika kita memandang untuk kemajuan teknologi dan komunikasi dapat dibuat prosedur dan aturan yang sama sehingga informasi yang dibutuhkan dari suatu kasus akan sama. Biasanya dalam dunia IT yang menjadi permasalahan adalah kasus-kasus yang sering terjadi dan untuk penyelesaiannya masih dengan prosedur yang manual. Beberapa contoh kasus yang terjadi dibeberapa tempat, seperti pengelolaan data administrasi, pengelokaan data perpustakaan (sudah banyak yang tidak manual), dan lain-lain. Untuk mengatasi beberapa contoh kasus diatas diperlukan data dan informasi yang dibutuhkan.
Beberapa definisi tentang data dari sudut pandang yang berbeda-beda:
• Menurut berbagai kamus bahasa Inggris-Indonesia, data diterjemahkan sebagai istilah yang berasal dari kata “datum” yang berarti fakta atau bahan-bahan keterangan.
• Dari sudut pandang bisnis, data bisnis (business data) adalah deskripsi organisasi tentang sesuatu(resources) dan kejadian (transactions) yang terjadi (business data is an organization’s description of things (resources)and events (transactions) that it faces).
• Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.
• Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Kesatuan nyata adalah berupa suatu objek nyata seperti tempat, benda dan orang yang betul-betul ada dan terjadi.
Beberapa definisi tentang informasi dari sumber yang berbeda-beda:
• Menurut Gordon B. Davis dalam bukunya Management Informations System : Conceptual Foundations, Structures, and Development menyebut informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang berguna bagi penerimanya dan nyata, berupa nilai yang dapat dipahami di dalam keputusan sekarang maupun masa depan.
• Menurut Barry E. Cushing dalam buku Accounting Information System and Business Organization, dikatakan bahwa informasi merupakan sesuatu yang menunjukkan hasil pengolahan data yang diorganisasi dan berguna kepada orang yang menerimanya.
• Menurut Robert N. Anthony dan John Dearden dalam buku Management Control Systems, menyebut informasi sebagai suatu kenyataan, data, item yang menambah pengetahuan bagi penggunanya.
• Menurut Stephen A. Moscove dan Mark G. Simkin dalam bukunya Accounting Information Systems : Concepts and Practise mengatakan informasi sebagai kenyataan atau bentuk-bentuk yang berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.
Dari beberapa penjelasan diatas sehingga dapat disimpulkan bahwa:
Data adalah nilai yang mendeskripsikan dari suatu objek atau kejadian.
Informasi adalah hasil dari pengolahan data dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian sehingga akan berguna untuk pengambilan keputusan.

SIKLUS INFORMASI
Untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi penerimanya, perlu untuk dijelaskan bagaimana siklus yang terjadi atau dibutuhkan dalam menghasilkan informasi. Pertama-tama data dimasukkan ke dalam model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti, setelah diproses akan dihasilkan informasi tertentu yang bermanfaat bagi penerima (level management) sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melakukan tindakan tertentu, Dari keputusan atau tindakan tersebut akan menghasilkan atau diperoleh kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses), begitu seterusnya. Dengan demikian akan membentuk suatu siklus informasi (information cycle) atau siklus pengolahan data (data processing cycles).

Seperti gambar berikut :

+-----------+
: Proses :
+------>: (Model) :-------+
: +-----------+ :
: :
: :
+------------+ +---------------+
: Input : : Output :
: (Data) : : (Information) :
+------------+ +---------------+
^ :
: :
+------------+ +---------------+
: Data : : Penerima :
: (Kejadian) : : (User) :
+------------+ +---------------+
^ :
: :
+------------+ +-------------+
: Hasil : : Keputusan :
: tindakan : : tindakan :
+------------+ +-------------+
^ :
: :
+---------------------------+
Gambar 1.3 : Siklus informasi

KELAS X BAB 1

A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.

A.1 Menghidupkan Komputer

Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
• Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
• Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
• Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.

A.2 Mematikan Komputer



Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan.

Jika Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start pada taskbar
2. Tekan Tombol Turr Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
• Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
• Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahuu.
• Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
• Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.

B. Macam-Macam Perangkat Lunak

Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam.

Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan pada hardware dapat digambarkan dalam diagram dibawah ini:


Dari gambar terlihat dibawah hardware langsung terdapat software sistem operasi. Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia

1. SISTEM OPERASI
Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :



• Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
• Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
• Produk Apple : Macintosh
• Produk IBM : DOS, UNIX

2. Program Aplikasi

Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.



3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.



Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
• Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
• Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
• High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
• 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FOxPro

4. Program Bantu ( Utility )



Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.

5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.



Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.

Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

7. Program Multimedia
Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
contoh Program multimedia yaitu :



a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

Custom Software Development
Sering paket software yang sudah jadi tidak bisa menjawab kebutuhan informasi dalam kasus-kasus tertentu. Hal ini disebabkan paket software memang dirancang agar bisa dipakai untuk rata-rata kebutuhan semua orang. Sedang dengan mengikuti rata-rata cara kebanyakan orang bukanlah cara yang bisa mendorong kita untuk bisa bersaing dan maju. Makanya Anda perlu software aplikasi yang custom made.
Tujuan utama Datarole adalah untuk memenuhi kebutuhan customer. Kami bisa bekerja sama dengan personal customer untuk memahami secara jelas apa yang diperlukan/diinginkan atau masalah yang dihadapi. Kemudian develop information systems atau software untuk menyelesaikan masalah tersebut sebaik-baiknya.
platform development dan software tools :
01. Platform
Windows (NT / 2000)
Linux
02. Programming language

- HTML / DHTML / XML
- Cold Fusion
- ASP / VBSripts / Visual Basic 6 / C/C++
- JavaScripts and Java
- .Net Platform { ASP.net / Visual Basic.net / C# }

03. Data Warehouse and Mining Engine:

Pada dasarnya kami mendukung atau bisa menggunakan segala jenis database yang bisa di-connect dengan ODBC (Open Database Connection). Database lama Anda yang sudah banyak datanya bisa kami conversi ke database baru dengan format baru yang lebih handal.
• MySQL database
{Skala kecil sampai medium untuk Linux/Unix}
• Microsoft Access
{Skala kecil sampai medium untuk Win9X/NT/2000}
• Microsoft SQL server 7/2000
{Skala medium sampai besar untuk Win9X/NT/2000}
• ORACLE
{Skala database yang sangat besar dan the most powerful}