Sabtu, 28 November 2009

BAB 4 : MENCARI INFORMASI DAN BERKOMUNIKASI MELALUI INTERNET

A. Menggunakan Pelayanan Internet dalam akses Informasi dan Komunikasi untuk Menyelesaikan Tugas yang Diberikan oleh Guru.

Kamu mendapatkan tugas mengenai matematika maka kamu dapat langsung mencari informasi tersebut dengan mesin pencari (search engine), seperti Google, Yahoo, atau mesin pencari yang lain.

1. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Situs sesuai dengan Mata Pelajaran
Tugas-tugas dari guru biasanya disesuaikan dengan mata pelajarannya masing-masing. Terdapat beberapa situs yang khusus membahas satu topik mata pelajaran atau masalah, antara lain sebagai berikut.

1. www.chem-is-try.org, membahas mengenai ilmu kimia.
2. www.ilmukomputer.com, membahas mengenai ilmu komputer.
3. www.fisika.lipi.go.id, membahas mengenai ilmu pengetahuan.
4. www.invir.com, berisi contoh soal ujian atau ebtanas.

2. Melakukan Pencarian Informasi Menggunakan Mesin Pencari (Search Engine).

Selain menggunakan situs-situs yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu, kamu juga dapat melakukan pencarian informasi melalui Internet dengan menggunakan mesin pencari atau lebih dikenal dengan istilah search engine. Search engine yang dapat kamu gunakan, antara lain Google, Yahoo, Alta Vista, Alltheweb, Lycos, Excite, Web crawler, dan search engine lainnya. Untuk menjalankan Google, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Jalankan browser kamu.
2. Ketikkan www.google.co.id pada Address bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, maka akan muncul tampilan halaman depan Google.

Untuk melakukan pencarian dengan menggunakan Google, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Setelah halaman depan Google terbuka, masukkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia. Misalnya, kamu ingin mencari halaman web yang mengandung informasi mengenai majalah komputer, maka ketikkan kata itu pada kotak isian yang disediakan.
2. Tekan tombol Enter pada keyboard. Google akan melakukan pencarian dan segera menampilkan hasilnya.
3. Klik salah satu hyperlink hasil pencarian untuk menuju ke halaman web yang kamu maksud.


3. Fasilitas Khusus pada Google.

langkah-langkah untuk melakukan pencarian dengan menggunakan yaitu :

1. Jalankan browser kamu, lalu ketikkan www.google.co.id pada Address bar. Lalu, tekan tombol Enter pada keyboard.

2. Klik hyperlink bertuliskan Pencarian Khusus di samping kotak isian kata kunci pencarian, maka akan muncul tampilan halaman Pencarian Khusus.


4. Trik Pencarian Melalui Google

Agar pencarian yang kamu lakukan melalui Google lebih efektif dan relevan, Google memfasilitasi diri dengan bantuan filterisasi atau penyaringan simbol matematika, tanda kutip, tanda (~), dan simbol Boolean.

a. Simbol Matematika (Tanda Plus (+))

Tanda plus (+) bekerja apabila kamu ingin mencari berbagai dokumen yang mempunyai lebih dari satu kata kunci. Misalnya, kamu ingin mengetahui nama-nama pemain bola negara Italia pada Piala Dunia 2006. Kamu dapat mengetikkan kata kunci sebagai berikut.

+italia+football+player+name+world+cup+2006

Jika menemui format seperti ini, Google akan mencari seluruh dokumen atau halaman yang di dalamnya terdapat kata-kata "italia", "football", "player", "name", "world", "cup", dan "2006". Jika terdapat kurang dari tujuh kata tersebut, maka dokumen yang bersangkutan tidak akan ditampilkan. Cara ini tentunya lebih efektif dibandingkan memasukkan kata kunci "italia football player" atau "italia football name". semakin banyak tanda plus (+) yang kamu gunakan maka semakin spesifik sebuah pencarian.

b. Simbol Matematika (Tanda Minus (-)).

Simbol ini dapat diartikan "kecuali", yang bekerja jika kamu tidak ingin menampilkan dokumen atau file yang berisi kata yang terdapat di belakang tanda minus (-). Misalnya, jika kamu ingin mencari informasi mengenai buku pelajaran tetapi tidak ingin mengetahui informasi tentang fisika, kamu dapat menggunakan kata kunci berikut.

+buku+pelajaran-komputer

c. Tanda Kutip (").

Jika kamu hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung kata majalah komputer, di mana kedua kata tersebut terletak tidak terpisah dan serangkai, maka ikuti langkah-langkah berikut :

1. Buka browser kamu, ketikkan www.google.co.id pada Address bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.

2. Ketika muncul tampilan seperti pada tampilan awal Google, ketikkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia. Tambahkan tanda petik di awal dan di akhir kata kunci pencarian.

3. Tekan tombol Enter pada keyboard, maka Google akan melakukan pencarian serta menampilkan hasilnya.

d. Tanda (~).

Google juga. mengembangkan teknik pencarian dengan sinonim dalam bahasa Indonesia. Penggunaan sinonim ini adalah denganmenambahkan tanda (~) di depan istilah yang akan kamu cari. Secara otomatis Google akan menyertakan sinonimnya dalam pencarian. Tanda (~) ini akan memudahkan kamu yang kesulitan mencari padanan kata untuk sebuah pencarian yang kamu maksud.

Misalnya, kamu menggunakan tanda (~) di depan kata kunci penerbit widya utama, maka selain menampilkan dokumen yang mengandung kata "penerbit widya utama", Google juga akan menampilkan dokumen atau file yang juga mengandung kata-kata seperti "utama" atau "penerbit".

e. Operasi Boolean (OR).

Operasi OR biasa diartikan "atau", bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi dalam simbol matematika. Dengan mengetikkan kata yang kamu hubungkan dengan kata OR, hasil pencarian Google akan menampilkan dokumen atau informasi yang berisi salah satu dari kata^yang kamu masukkan. Contoh penggunaan operasi OR, misalnya kamu mengetikkan kata kunci berikut :

"komputer OR matematika"

Selanjutnya, Google akan menampilkan seluruh dokumen atau informasi yang mengandung kata "komputer", atau, "matematika", atau mengandung kedua kata tersebut.


B. Penggunaan Layanan Chatting untuk berkomunikasi.

CHAT merupakan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology, yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup populer di Internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur, dan jenis kelamin. Terdapat banyak jenis program untuk chatting, salah satunya adalah mlRC. mlRC adalah salah satu program untuk chatting yang populer. mlRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat). Jaringan IRC adalah sebuah tempat pertemuan maya (virtual) di mana setiap orang dari seluruh penjuru dunia dapat saling berkomunikasi.

Kamu dapat memperoleh program di http://www.mirc.co.uk atauhttp://www.mirc.com. mlRC memberikan fasilitas untuk penggunanya untuk mengatur konfigurasi sistem yang diinginkan. Kamu harus meng-/tt,sta//terlebih dahulu program mlRC jika kamu belum memilikinya. Program mlRC yang terbaru sudah mencapai versi 6.17. Program tersebut dapat kamu peroleh (download) secara gratis melalui Internet dengan cara berikut :

1. Jalankan browser kamu, lalu buka halaman web http://www.mirc.com/get.html.
2. Ketika muncul halaman web, pilih lokasi server terdekat.
3. Secara otomatis akan muncul konfirmasi untuk melakukan download terhadap file instalasi mlRC, kemudian simpan di folder yang kamu inginkan.
4. Install file mirc617.exe dengan mengklik g&nda. file tersebut. Ikuti langkah-langkah untuk meng-install mIRC sampai program mIRC benar-benar telah ter-instalt di komputermu.

Untuk melakukan chatting dengan menggunakan mIRC, ikuti langkah berikut:

1. Jalankan program mIRC dari desktop atau start menu komputer.
2. Ketika muncul jendela berikut, klik tombol Continue.
3. Secara otomatis akan muncul jendela mIRC Options.
4. Masukkan nama dan alamat e-mailkamu. Masukkan juga nama samaran kamu dalam kotak isian Nickname.
5. Klik tombol Connect To Serverpada kotak dialog mIRC Options. Ketika proses koneksi berhasil maka akan muncul jendela mIRC Favorites.
6. Selanjutnya, pilih salah satu channelyang ingin kamu masuki. Kamu juga dapat menuliskan nama channel tersebut dalam kotak isian Enter a channel name and click join. Misalnya channel #Bawel, lalu klik tombol join.
7. Jendela sebuah channel muncul setelah kamu berhasil terhubung dengan sebuah channel.
8. Pada kotak bagian kanan, klik ganda pada salah satu daftar alias yang ingin kamu ajak mengobrol
9. Sekarang, silakan mengobrol dengan teman kamu. Ketikkan sebuah kalimat,lalu tekan tombol Enter.
10.Untuk menutup atau mengakhiri percakapan, kamu dapat mengklik tombol Close pada jendela bagian kanan atas.


C. Penggunaan Mailing List di Yahoogroups untuk Berkomunikasi.

Untuk dapat saling berkomunikasi dengan teman satu hobi dan satu profesi, seperti yang telah dipaparkan di atas, biasanya mereka menggunakan suatu sarana yang disebut dengan mailing list. Mailing list atau disingkat Milis merupakan suatu kelompok diskusi di mana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Kamu dapat membaca e-mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Dengan kata lain, mailing list adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.

Jika seseorang mengirimkan e-mail yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, kamu dapat me-replay e-mail pengirim tersebut, mengirim e-mail baru, atau hanya membacanya saja. Setiap kali kamu atau orang lain me-reply sebuah e-mail, e-mail tersebut akan didistribusikan ke setiap mailbox setiap orang yang terdapat dalam daftar anggota. Hal ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager atau Mail Server. Salah satu contoh mailing list yang terkenal adalah Yahoo!Groups.
Yahoo!Groups merupakan Iayanan mailing list yang disediakan oleh Yahoo! dan dapat kamu gunakan untuk saling berkomunikasi, baik melalui halaman web maupun dengan menggunakan e-mail client, seperti Outlook Express. Dengan mailing list, member (anggota) yang tergabung dapat mengirimkan pesan ke semua anggota dengan sekali kirim, begitu juga dengan anggota lainnya. Kamu juga dapat menggunakannya untuk menyimpan file untuk di-sharing atau di-download oleh anggota lain.

1. Membuat Mailing List di Yahoo!Groups.

Kamu dapat melihat apakah sebuah e-mail berasal dari Yahoo! Groups atau bukan, dengan melihat nama domain-nya, yaitu "@yahoogroups.com". Berikut langkah untuk membuat mailing list di Yahoogroups :

1. Jalankan browser kamu.

2. Buka situs Yahoo! Groups di http://groups.yahoo.com.

3. Klik Sign in untuk melakukan pendaftaran. Lakukan login dengan menggunakan account Yahoo ID yang telah kamu miliki

4. Klik create a group, maka akan muncul halaman Start a Group. Selanjutnya, klik salah satu kategori yang merupakan deskripsi mailing list kamu. Misalnya, kamu klik Computers & Internet.

5. Ketika muncul halaman web berikutnya, klik link Internet.

6. Ketika muncul halaman web berikutnya, klik tomboi (places my group here).

7. ketikkan nama mailing list atau nama group pada kotak Group Name, ketikkan alamat e-mail mailing list kamu pada kotak isian Enter your Group e-mail address. Jika kamu mengisi bagian ini dengan nama pintugeser, maka alamat e-mail mailing list kamu adalah pintugeser@yahoogroups. com. Selanjutnya, berikan deskripsi singkat tentang mailing list kamu, kemudian klik tombol Continue.

8. Pada halaman tersebut, tentukan profil mailing list kamu. Ketikkan huruf yang terdapat dalam gambar ke dalam kotak isian Word Verification, lalu klik tombol Continue.

9. Selanjutnya, akan ditampilkaii halaman verifikasi atau konfirmasi bahwa kamu telah berhasil membuat mailing list.

10. Klik Customize Your Group untuk mengatur keanggotaan kelompok milis.

11. Klik Invite People to Join untuk mengajak orang lain ikut bergabung dalam milis.

12. Kamu dapat mengklik tulisan Sign Out untuk menutup mailing list kamu.

2. Berkirim E-mail menggunakan Mailing List.

Jika kamu mengirim e-mail ke alamat e-mi/zs, maka e-mail tersebut akan diteruskan ke seluruh anggota mailing list. Untuk melakukan kegiatan tersebut, ikuti langkah berikut ini :

1. Buka account e-mail kamu.
2. Klik tombol Compose untuk membuat pesan yang akan di kirim melalui mailing list.
3. Pada kotak isian To, ketikkan alamat mailing list yang kamu tuju, misalnya kirim ke pintugeser@yahoogroups.com. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail tersebut.
4. Setiap anggota mailing list akan menerima kiximan e-mail tersebut. Karena kamu termasuk anggota mailing list, maka kamu juga akan menerima e-mail yang kamu kirimkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar